Conten marketing – Dampak dari pesatnya perkembangan tekkologi informasi, membuat dunia bisnis mengalami kemajuan yang sangat luar biasa. Para pelaku bisnis mulai menyesuaikan diri untuk mengikuti perubahan yang terjadi, memanfaatkan media promosi bisnis melalui internet.
Salah satu strategi binsin di era digital yatiu content marketing. Perlu rencana yang solid, cerdas dan cermat untuk menciptakan konten yang tak sekedar dibaca, tetapi juga dapat memberikan keuntungan.
Content Marketing yang menarik mempunyai efek jangka Panjang. Jika konten anda bermanfaat bagi audiens, mereka akan mencari anda untuk bisa mendapatkan solusi atas permasalahanya.
Untuk menjadikan internet sebagai media promosi, diperlukan strategi membuat content marketing yang dapat memberikan keuntungan. Tulisan berikut akan memaparkan 8 Strategi Content Marketing Untuk Dapat Memberikan Keuntungan.
Strategi Content Marketing
Proses membuat content marketing mesti mutakhir, inovatif, dan kuat, sehingga audinens dapat merasakan manfaat dari content yang ada buat, dan mereka dapat menjadi cuctomer anda. Berikut ini penjealasan mengenai 8 Strategi Content Marketing Untuk Dapat Memberikan Keuntungan yaitu :
Menentukan Tujuan Membuat Content Marketing
Strategi content marketing yang pertama yaitu menentukan tujuan dalam membuat content marketing. Hal ini penting dalam membantuk arah pemasaran.
Untuk memulai perencaaan dalam pembuat content marketing ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu alasan untuk memulai perencanaan content marketing dan faktor yang membuat tertarik untuk mulai membuat konten. Dengan memahami kedua hal tesebut bisa membantu menentukan apa yang cocok untuk dimasukkan dalam strategi content marketing.
Riset Buyer Persona
Strategi content marketing selanjutnya yaitu melakukan target audiens melalui riset dari buyer persona. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mendapatkan gambaran lengkap seperti apa target konsumen/ pelanggan, atau audiens anda.
Buyer persoana didapat dari hasil riset atau proses pengidentifikasi data pelanggan dari pelanggan itu sendiri melalui berbagai macam cara, bisa dengan menyebarkan kuesioner, memanfaatkan lembaga survei pelanggan, melakukan kerja sama dengan brand consultant atau digital marketing strategist dari salah satu digital agency yang ada di indonesia.
Riset buyer persona penting dilakukan sebagai panduan dalam membuat konten lebih relevan dan menarik bagi target audiens. Karena target audiens akan selalu berubah, anda dapat memilih audiens baru. atau memperluas target audience , atau bisa saja target audiens yang sama. Untuk itu diperlukan market research pertahun sebagai dasar untuk mengevaluasi strategi marketing Anda.
Membagi Jenis Konten
Dalam strategi content marketing untuk dapat memberikan keuntungan, perlu untuk membagi konten menjadi 3, yaitu :
Konten Pengenalan
Konten pengenalan ini berisi mengenai apa, siapa, dan bagaimana produk/jasa Anda bisa menjadi jalan keluar atas kebutuhan pelanggan anda. Pada konten ini dapat pula berisikan mengenai hal-hal mendasar yang umumnya sangat mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari, jalan keluar atas hal-hal tersebut, atau berisikan tips-tips pendukung dalam pemecahan masalah pelanggan.
Konten Branding
Pada konten ini Anda bisa mulai mengenalkan brand atau usaha yang sedang Anda jalankan, siapa, apa, dan bagaimana bisnis Anda mampu membantu pelanggan, dan sebagainya.
Konten Penjualan
Pada konten ini Anda dapt mulai memberitahukan alasan produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi jalan keluar untuk permasalahan yang sedang dihadapi pelanggan.
ketiga pembagian konten tersebut tujuannya untuk mendorong pelanggan agar melakukan transaksi (pembelian).
Menemukan Ide-ide Konten
Konten-konten yang akan anda buat, wajib orisinal, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan dari target audiens Untuk mempermudah dalam Menyusun ide-ide konten ada beberapa tools (alat) yang dapat membantu menentukan konten yaitu sebagai berikut :
HubSpot Website Grader
Untuk melihat kemajuan marketing Anda mulai dari usaha blogging sampai dengan social media marketing dapat menggunakan tools ini. Selain itu Tools content marketing ini dapat memberikan nilai di area penting pemasaran. Melalui tools ini anda juga dapat mengetahui cara untuk membuat website Anda untuk lebih SEO-friendly serta menemukan ide konten baru.
What To Write
Tool What to Write membantu dalam memulai brainstorming agar menghasilkan beberapa ide konten, setelah menyelesaikan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh tools ini. Gagasan yang sudah ditemukan dapat dimasukan dalam rencana pemasaran konten Anda.
Feedly
Tools ini digunakan untuk melacak topik-topik yang sedang hits di industri Anda dan juga untuk menemukan ide konten.
BuzzSumo
BuzzSum memakai share media sosial dalam menentukan konten yang sedang populer dan disukai.
Content Forest
Tools Conten Forest dapat membantu untuk menemukan konten populer yang dimiliki kompetitor, dan kata kunci efektif, serta gagasan konten.
Tepat menentukan Platform
Strategi content marketing selanjutnya yaitu menentukan platform yang tepat. Jenis konten atau platform yang dipilih bisa sangat mempengaruhi perhatian audiens dan membantu pemasaran produk/jasa anda. Untuk itu penting untuk menentukan platform (format konten) yang mau digunakan dalam menyebarluaskan konten marketing. Beberapa format konten yang dapat digunakan yaitu
Blog post:
Untuk menarik pengunung baru rutin merilis di website. Audiens tertarik untuk membaca dan membagikannya disosial media, jika Postingan Anda harus memiliki nilai lebih. Anda disarankan untuk terus melakukan esksperimen untuk mengetahui kesukaan audiens, sepeti apakah audiens lebih tertarik dengan artikel yang panjang atau lebih pendek, dan eksperimen, dan eksperimen lainnya.
Ebooks:
Ebook merupakan buku digital yang umumnya isinya lebih panjang dan lebih mendalam. Tetapi tidak sedikit audiens menginginkan banyak konten dari sebuah ebook dan dapat mengirimnya kepada orang lain untuk dipelajari lebih banyak informasi yang berharga untuk bisnis mereka.
Template:
Format konten yang praktis seperti template dapat memberikan nilai yang cukup tinggi dan juga dapat menghemat waktu Anda.
Infografis:
Melalui infografi anda dapat mengatur dan memvisualisasikan data melalui cara yang lebih menarik, jelas dan mudah dipahmi, tidak sekedar hanya kata-kata saja, karena biasanya infografis dapat memuat gambar-gambar.
Video:
Video adalah Media konten yang menarik bisa dibagikan di seluruh platform media sosial dan website. Meskipun perlu usaha yang lebih untuk membuat vidoer seperti soal waktu dan sumber daya. Namun video sangat mampu meningkatkan popularitas visual marketing.
Podcast:
Podcast juga dapat dimanfaatkan untuk membantu audiens mengenali merek produk/ jasa Anda. Karena banyak audiens anda tidak mempunyai waktu untuk membaca atau menonton konten setiap hari. Manfaatkan podcast sebagai format konten untuk bereksperimen.
Menggunakan Content Management System
Aplikasi computer ini dapat mendukung pembuatan dan memodifikasi konten digital. Fitur-fitur yang ada mempunyai fungsi praktis dan efisien untuk pembuatan konten, contohnya produksi, publikasi, dan analisis. Adapun aplikasi tersbut yaitu
WordPress:
WordPress secara khusus ditujukan dalam membuat dan mengelola blog. CMS didasarkan pada bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang tergolong mudah dipakai, gratis, banyak pilihan template dan plugins.
Drupal:
Aplikasi ini berbasis open source, yang tidak hanya digunakan untuk mengelola konten, tetapi juga bisa dipakai untuk menambah dan merubah module position.
Joomla:
CMS yang berkembang pesat yaitu Joomla, karena Langkah untuk pemasangannya yang sangat mudah. CMS hadir dengan menggunakan user interface yang sangat sederhana, menggunakan MySQL, bahasa pemrograman PHP yang gampang dipelajari, serta didukungan desain dan template yang bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.
Melakukan Audit Konten
lakukan evaluasi dan review Konten segera sesudah konten dibuat. Apakah dampak dari pembuatan dan share konten di beberapa media, dampak tersebut yaitu membantu rate konversi di situs atau media sosial, membantu meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan traffic website. Hasil audit ini ana menentukan strategi content marketing pada produksi konten selanjutnya.
Kelola Konten
Tahap terakhir dari yaitu mengelola konten. Anda harus mengatur dan mengelola konten yang akan dishare ke beberapa media. Anda dapat menggunakan kalender editorial untuk dapat mengetahui mulai dari kapan memproduksi konten, menyampaikan konten , sampai dengan mempromosikan rencana strategi konten.
Penutup
Content marketing dapat juga bisa diterapkan di bisnis kecil atau yang telah berkembang. Buat konten sekreatif mungkin, orisinalitas dan keunikan tersendiri dari konten yang lain. Selalu sajikan ide-ide baru, untuk menghindari kebosanan audiens terhadap konten-konten yang anda buat. Membentuk tim contet markering dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan produktivitas.
Demikianlah pembahasan mengenaai 8 Strategi Content Marketing Untuk Dapat Memberikan Keuntungan. Semoga tulisan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan insparasi untuk anda yang hendak mengembangakan contern marketing.
Sumber : redcomm.co.id, commercial.acerid.com